Jumat, 27 November 2015

Cerpen HARI PERTAMA * Oleh Sity Masripah,S.Pd.I

HARI PERTAMA
(oleh Sity Masripah, S.Pd.I)
Sedikit berat langkah kakiku memasuki ruang kelas yang begitu asing bagiku, terlihat berbeda memang dengan kelasku kemarin, bukan hanya kelas yang masih asing, orang-orang yang kutemuipun masih asing terlihat. Karena ini adalah hari pertamaku di sekolah.
Setelan baju seragam yang ku pakai sudah berubah, rasanya belum lama ini setelan seragam yang ku pakai adalah kemeja putih dengan bawahan rok merah ditambah atribut dasi merah dan topi merah. Sedikit ada rasa bangga hari ini, masih dengan kemeja putih rapih namun kini di balut dengan bawahan rok berwarna biru atribut dasi biru kusematkan dengan rapi di sela-sela kerah bajuku, rambut panjang lurus kuikat dengan rapi kini ditutupi topi biru. Bangga rasanya kini aku bukan anak SD lagi tapi sudah masuk jenjang SMP.
Ya SMP, Sekolah Menengah Pertama, kini ku memasuki jenjang pendidikan baru. Berterima kasihku kepada orang tuaku yang dengan susah payah membanting tulang mencari nafkah untuk membiayai sekolahku demi kehidupan layakku di kemudian hari.
Hari pertamaku di sekolah, di mulai dengan upacara bendera sekaligus pembukaan untuk massa orientasi siswa baru. Canggung rasanya berdiri berbaris rapi di lapangan upacara dengan teman-teman yang belum ku kenal sebelumnya, walaupun begitu kami ikuti upacara tersebutdengan khidmat.
Pembina upacara hari itu adalah kepala sekolah, dengan wibawa beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh murid baru di sela-sela amanat upacaranya, sedikit memberi gambaran bahwa tingkat belajar di SMP berbeda ketika bersekolah di SD. Beliau juga berpesan untuk selalu lebih giat dalam belajar.
Mungkin beliaulah guru pertama yang aku kenal di sekolah ini, namun juga tak kalah wibawanya guru-guru yang mengajar di sekolah ini, terlihat dari setelan seragam safari/blazzer yang mereka kenakan begitu rapi terlihat.
Bersyukurku kepada Allah memberikanku kesempatan untuk bisa bersekolah, berterima kasihku kepada orang tuaku atas kerja kerasnya. Terima kasih pula ku ucapkan kepada seluruh guru-guruku yang dengan sabar mengajarkanku berbagai macam ilmu pengetahuan, ku tahu pula guru-guruku bukan hanya sekedar mengajar tapi juga membimbing siswanya mengenai hal-hal kebaikan dan keburukan, hingga kami bisa membedakan mana yang harus di kerjakan dan mana yang harus di tinggalkan.
Di hari pertama kami sekolah, sudah terlihat bimbinganmu guru-guru. Kami di ajarkan bagaimana tata tertib yang harus di patuhi dan di jalankan. Gelar Pahlawan tanpa tanda jasa memang patut engkau sandang guru-guruku, karena berkatmulah kami bisa mengerti segala hal tanpa menuntut apapun dari kami, kalian hanya berharap agar kami selalu mendapat nilai yang terbaik hingga kelulusan kami dan melihat kami akhirnya menjadi orang sukses yang bisa membanggakan kalian, yang dengan sabar dan bersusah payah mengajar dan membimbing kami. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada seluruh guru-guru, terutama di hari spesial ini ku ucapkan "Selamat Hari Guru".

0 komentar:

Poskan Komentar